Dompet Dhuafa Nusa Tenggara Timur

Program Sosial

Dompet Dhuafa Nusa Tenggara Timur

Dompet Dhuafa merupakan lembaga sosial dan kemanusiaan yang berdiri sejak 1993, dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat. Melalui program-programnya, Dompet Dhuafa berupaya untuk mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan, dan memperkuat literasi pemahaman Islam bagi masyarakat, khususnya di pelosok negeri. Salah satu program sosial Dompet Dhuafa yang berdampak besar adalah Shelter Sehati, hunian sementara bagi pasien dan keluarga yang sedang berobat di RS Kota Kupang maupun di luar NTT.

Shelter Sehati adalah salah satu layanan yang disediakan oleh program sosial Dompet Dhuafa. Program ini menyediakan rumah yang dijadikan sebagai hunian sementara bagi pasien dan keluarga pasien yang sedang berobat di RS Kota Kupang maupun di luar NTT. Dengan adanya Shelter Sehati, pasien dan keluarganya mendapatkan hunian yang layak dengan lama waktu yang sudah ditentukan. Selama pasien di shelter, mereka mendapatkan bimbingan agama, penyuluhan dan keterampilan, serta kebutuhan pokok untuk mengurangi beban hidup selama berobat.

Tujuan dari program Shelter Sehati adalah membantu memberikan hunian sementara yang layak pada pasien dan pendamping, mengurangi beban biaya kontrakatan dari kebutuhan pokok pasien dan keluarga selama berobat, sebagai sarana bimbingan keagamaan agar lebih sabar dan ikhlas, serta sebagai sarana untuk dijadikan penyuluhan hidup sehat dan keterampilan sederhana. Dengan adanya program ini, masyarakat juga dapat menjadi relawan dalam berbagi kebahagiaan.

Saat ini, sudah terdapat satu Rumah Shelter yang berada di Kota Kupang, dengan alamat di Jl. Kasih, Kel. Nefonaek, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, NTT. Dompet Dhuafa berharap dapat memperluas program Shelter Sehati ini di berbagai kota di Indonesia, sehingga semakin banyak pasien dan keluarganya yang dapat terbantu dengan adanya hunian sementara yang layak selama berobat.